QUIS AWAL – MAKALAH INDIVIDU


 

QUIS AWAL – MAKALAH INDIVIDU

MK                         : AUDIT SISTEM INFORMASI

NPM                      : 195120004

NAMA                   : ANTONIO ALFAREZ HIDAYAT

SEMESTER          : 6

PRODI                   : S1 TEKNOLOGI INFORMASI

 

 

RESUME

 

Part - 01

Keterkaitan Audit, Dan Sistem Metodologi

 

Pengertian Audit :

Audit berasal dari Bahasa latin “audier” yang berarti mendengar atau to hear, yaitu pada zaman dahulu apabila seorang pemilik organisasi usaha merasa ada suatu kesalahan atau penyalahgunaan, maka ia mendengarkan kesaksian orang tertentu.

 

Pengertian Sistem :

Sistem adalah tatanan yang terdiri atas sejumlah komponen fungsional (dengan tugas/fungsi khusus) yang saling berhubungan dan secara bersama-sama bertujuan untuk memenuhi suatu proses/pekerjaan tertentu.

 

Pengertian Informasi :

Informasi merupakan data yang diolah menjadi bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti bagi penerimanya. Kualitas suatu informasi yang sangat bernilai dan berguna bagi penerimanya tergantung pada beberapa hal yaitu informasi harus akurat, tepat pada waktunya, dan relevan.

 

Pengertian Audit Sistem Informasi :

Audit sistem informasi merupakan proses pengumpulan dan pengevaluasian bukti-bukti untuk menentukan apakah suatu sistem aplikasi kompeterisasi telah menetapkan dan menerapkan sistem pengendalian intern yang memadai, semua aktiva dilindungi dengan baik atau tidak disalah gunakan serta terjaminnya integritas data, keandaiann serta efektifitas dan efisiensi penyelenggaraan sistem informasi berbasis computer tersebut.

 

Pengertian Sistem Metodologi Analisis :

Dalam penelitian untuk pengembangan sistem ini menggunakan metodologi analisis dan desain sistem terstruktur (structured system analysis and design).

Metodologi analisis dan design terstruktur adalah metodologi yang digunakan pada tahan analisis dan tahap design.

Metodologi analisis dan design terstruktur masuk dalam kategori data flow oriented methodologies dimana metodologi ini didasarkan kepada pemecahan dari sistem kedalam modul-modul berdasarkan tipe elemen data dan tingkah laku logika modul tersebut didalam sistem.

 

Tahapan Metodologi Analisis :

1. Kebijakan dan perancanaan sistem

2. Analisis sistem

3. Desain sistem

4. Seleksi sistem

5. Implementasi sistem

 

Part – 02

Alat Dan Teknik Pengembangan Sistem

 

Bagan alir dokumen

Bagan alir dokumen adalah suatu diagram yang dalam penggunaanya dapat digunakan untuk mempermudah alir data yang disajikan dalam perancangan sistem.

 

Program Flowchart

Bagan alir progam (program flowchart) merupakan bagan yang

menjelaskan secara rinci langkah-langkah dari proses program.


Kamus Data

Data dictionary adalah katalog fakta tentang data, dan kebutuhan-kebutuhan informasi dari suatu sistem dengan menggunakan kamus data, analisis sistem dapat mendefinisikan data yang mengalir disistem dengan lengkap.

Kamus data dibuat pada tahap analis sistem dan digunakan baik pada tahap analis maupun pada tahap perancangan sistem. Kamus data digunakan untuk merancang input,merancang laporan-laporan dan database.

 

Part – 03

Control Objective For Information & Related Technologies 4.1

Cobit 4.1 bagian 1

 

Apa itu cobit :

Cobit adalah sekumpulan dokumentasi best practices untuk IT governe yang dapat membantu auditor, pengguna (user), dan manajemen, untuk menjembatani gap, antara resiko bisnis,kebutuhan control, dan masalah-masalah bisnis TI. Cobit bermanfaat bagi auditor karena merupakan teknik yang dapat membantu dalam identifikasi IT control issues.

 

Kegunaan Cobit 4.1 :

Cobit berguna bagi para-para IT user karena memperoleh keyakinan atas kehandalan sistem aplikasi yang dipergunakan. Sedangkan para manajer memperoleh manfaat dalam keputusan investasi dibidang TI serta infrastrukturnya, menyusun strategi IT plan, menentukan information architecture dan keputusan atas procurement (pengadaan atau pembelian mesin).

 

 

Kriteria Kerja Cobit :

 

Efektifitas

Untuk memperoleh informasi yang relevan dan berhubungan dengan proses bisnis seperti penyampaian informasi dengan benar, konsisten, dapat dipercaya, dan tepat waktu.

 

Efisiensi :

Memfokuskan pada ketentuan informasi melalui penggunaan sumber daya yang optimal.

 

Kerahasiaan :

Memfokuskan pada ketentuan informasi melalui penggunaan sumber daya optimal.

 

Integritas :

Berhubungan dengan keakuratan dan kelengkapan informasi sebagai kebenaraan yang sesuai dengan harapan dan nilai bisnis.

 

 

Ketersediaan :

Berhubungan dengan informasi yang tersedia ketika diperlukan dalam proses bisnis sekarang dan yang akan dating.

 

Kepatuhan :

Sesuai menurut hukum, peraturan, dan rencana perjanjian untuk proses bisnis.

 

Keakuratan Informasi :

Berhubungan dengan ketentuan kecocokan informasi untuk manajemen mengoperasikan entitas dan mengatur pelatihan keuangan dan kelengkapan laporan pertanggung jawaban.

 

 

 

Section-03

Control Objective For Information & Related Technologies 4.1

Cobit 4.1 bagian 3

DELIVER & SUPPORT

 

Penyerahan & Pendukung (Deliver & Support)

Domain ini lebih dipusatkan pada ukuran tentang aspek dukungan TI terhadap kegiatan operasional bisnis (tingkat jasa layana TI aktual atau service level) dan aspek urutan (prioritas implementasi dan untuk pelatihannya).

 

DS1     : Mendefinisikan dan mengelola tingkat layanan

DS1.1  : Rangka pengelolaan tingkatan jasa

DS1.2  : Ketentuan jasa

DS1.3  : Kesepatan tingkatan jasa

DS1.4  : Kesepakatan tingkat peroperasian

DS1.5  : Pemantauan dan pelaporan pencapaian SLA

DS1.6  : Ulasan SLA dan kontraknya   

 

 

Part-05

Audit Sistem Infomasi Dalam IT Governance

 

IT Governance :

IT governance adalah unsur tata kelola perusahaan yang bertujuan untuk meningkatkan manajemen teknologi informasi secara keseluruhan.

 

Pentingnya IT Governance Dalam Perusahaan :

1. Mendapatkan kepercayaan dari pelanggan

2. Mengontrol resiko

3. Meningkatkan produktivitas kinerja perusahaan

 

Fokus Area IT Governance

1. Value Delivery

Value Delivery berfokus untuk memastikan bahwa TI telah memberikan manfaat yang         dijanjikan terhadap strategi serta berkonsentrasi pada pengoptimal biaya.

 

2. Strategic alignment

Berbeda dengan value delivery, strategic alignment cenderung berfokus untuk memastikan bahwa hubungan bisnis dan IT saling berkaitan satu sama lain.

 

Dalam artian lain, focus ini bergerak untuk menyelerasikan antara operasi TI dengan operasi perusahaan.

 

3 Performance management

Fokus area IT governance ini bertujuan untuk menjalankan dan memonitor implementasi strategi.

Performa management lebih berfokus kepada mengamati kinerja proses, penyelesaian proyek, dan penggunaan sumber daya.

 

4. Resource Management

Dalam fokus ini, perusahaan lebih mengarah kepada pengelolaan sumber daya TI yang kritis dengan melakukan investasi optimal.

Hal tersebut diantaranya dengan aplikasi,informasi infrastruktur,dan lain-lain.

 

5. Risk Management

Fokus yang terakhir bias dibilang sangat penting dan cukup luas.

Dalam hal ini, perusahaan harus fokus untuk memahami transparansi yang signifikan dari resiko yang ada serta menanamkan tanggung jawab manajemen risiko dalam masing-masing tim.

 

 

STAKE HOLDER

 

Stake holder adalah individu,kelompok,maupun komunitas yang memiliki kepentingan dalam suatu organisasi atau perusahaan. Stakeholder memiliki kemampuan mempengaruhi atau dipengaruhi dari bisnis tersebut.

 

Contoh dari stakeholder adalah pegawai atau keryawan, pelanggan atau konsumen, investor,komunitas,dan bahkan pemerintah.

 

Masing-masing stakeholder ini memiliki kepentingan yang berbeda-beda.

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar